Ticker

6/recent/ticker-posts

Parit Gajah Kebun Sawit Diduga Milik Sensui Resahkan Warga di Kelurahan Sungai Jering.

News Update Kuansing 

Edisi : Rabu, 03 Juli 2024 

Parit Gajah Kebun Sawit Diduga Milik Sensui Resahkan Warga  di Kelurahan Sungai Jering.



Kuansing (Riau), dimensitivinews.com.

Warga Kelurahan Sungai Jering Kecamatan Kuantan Tengah (Kuansing), khususnya di sekitar Padang Bunuik, Lingkungan II Sinambak, mulai merasa resah dengan kondisi lahan mereka yang sering kebanjiran saat hujan tiba. 

Kejadian ini diduga akibat aliran air dari parit gajah di kebun sawit yang diduga milik Sensui, yang tidak tertata dengan baik.

Salah seorang warga yang terdampak, N O, menyampaikan keluhannya pada Minggu (30/6/2024) siang. Menurut N O, lahan atau tanah perumahan warga yang berada di sisi timur kebun sawit tersebut selalu mengalami kebanjiran saat hujan. 

"Saya lihat tidak ada parit untuk buangan air dari parit gajah keliling kebun sawit diduga milik Sensui itu, akibatnya tanah kami kebanjiran. Saya minta pemilik kebun sawit itu segera membuat parit pembuang air, jangan dibiarkan meluber ke mana-mana," ujarnya dengan nada kecewa.

Lebih lanjut, N O menjelaskan bahwa kebun sawit yang diduga milik Sensui ini memiliki luas puluhan hektar. “Bisa kita bayangkan, ketika hujan turun, air dari parit gajah kebun tersebut mengalir ke lahan atau tanah kami. Akibatnya, terjadi banjir, dan lahan kami menjadi rawa dan berair. Kami minta ini segera diperbaiki,” tambahnya.

N O juga menyoroti dampak dari kebanjiran yang terus-menerus ini terhadap tanah miliknya. "Lahan kami jadi kebanjiran, akibatnya tanahnya tergerus dan lama kelamaan terkikis oleh banjir itu," keluhnya.

Awak media ini sedang berusaha menghubungi pihak terkait untuk mendapatkan konfirmasi dan tanggapan mengenai masalah ini. Harapan warga adalah agar pihak pemilik kebun sawit segera mengambil tindakan yang diperlukan, untuk mengatasi masalah aliran air ini, sehingga tidak terus meresahkan dan merugikan warga sekitar. 

Liputan : Dopenius Gulo