PELUANG AURAMA' MENANG CUKUP MEYAKINKAN

PELUANG AURAMA' MENANG CUKUP MEYAKINKAN 

Oleh : Muh Tahri Tahir

Tahapan kampanye sudah dan sedang berjalan. Saatnya para calon bupati, wakil bupati bersama tim nya masing masing melakukan serangkaian cara ataupun metode pendekatan untuk mempengaruhi pilihan konstituennya maupun pemilih yang belum menentukan siapa figur yang sesuai dengan jalan pikiran mereka. Seperti kita tahu jumlah pemilih di Gowa cukup signifikan  yaitu 567.859 orang,  menunjukkan bahwa potensi daerah ini sangatlah besar. 

Bahkan Kabupaten  Gowa masuk  daerah lumbung suara untuk pemilihan Gubernur Sulawesi Selatan nomor 5 sesudah Makassar, Bone,w Luwu Raya dan Toraja. Artinya, Gowa dengan jumlah wajib pilih di atas lima ratus ribu orang, menentukan pasangan calon menang  bila "digarap" dengan baik. Seperti kita tahu, posisi Kabupaten Gowa yang berada dan menjadi pintu utama keluar dari kota Makassar  menuju wilayah selatan, merupakan daerah yang sangat strategis dengan luas wilayah 1.883,33 km2 atau lebih 10 kali dari luas wilayah  kota Makassar  yang hanya 175, 77km2  Kabupaten Gowa  terdiri atas 18 Kecamatan dan Desa/Kelurahan  167. Kondisi geografis nya sangat subur. 

Hanya saja selama ini kurang mendapatkan perhatian dari pemerintah daerah. Sebagai salah satu penghasil beras atau lumbung pangan regional  di Sulawesi, Maluku dan Papua, pemerintah Kabupaten Gowa seyogyanya perlu mengadakan relaksasi sistem pertanian yang lebih modern, maju dan terintegrasi. Gowa tidak saja menjadi penyanggah  kota Makassar , namun harus hadir sebagai sumber pengharapan bagi seluruh rakyatnya untuk mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah. 

Oleh karena nya AURAMA ' seyogyanya memperhatikan beberapa aspek berikut, pertama, sistem pembelajaran yang diberlakukan selama ini tidak secara signifikan mengangkat kualitas out put pendidikan. Siswa justru mengalami ketertekanan dan menjadikan mereka kurang kreatif akibat sistem yang diberlakukan selama lebih dari dua dasawarsa. Perlu ada perbaikan sistem selain mengikuti kurikulum nasional. Aspek pendidikan  ini memiliki pengaruh besar dan luas dalam mengangkat citra daerah, kedua, layanan dasar kesehatan dengan sejumlah permasalahan yang melingkupinya perlu mendapatkan perhatian lebih agar keterjangkauan pelayanan kesehatan itu terintegrasi dan terkover  pada semua orang

Bukan atas dasar kepala keluarga. Karena, kesehatan ini merupakan pemenuhan hak tiap individu, ketiga,  infrastruktur jalan, terutama di desa dan kampung yang menjadi sumber hasil bumi justru  kurang terperhatikan   selama ini, sehingga perlu pengalokasian anggaran besar. Jangan hanya sarana di kota Sungguninasa yang terus diperbaiki. Tapi tidak pernah tuntas. 

Lapangan Syekh Yusuf sudah sekian tahun dibenahi hingga sekarang belum tuntas, keempat, kondisi pasar tradisional yang ada di setiap kecamatan dan pasar induk Sunguminasa perlu ditingkatkan menjadi pasar sehat, kelima, masjid dan rumah ibadah lainnya perlu didorong untuk mandiri dengan fasilitas awal dari pemerintah. Mengupayakan rumah ibadah yang justru dapat menopang  kesejahteraan warga yang ada disekitarnya menjadi hal urgen yang perlu segera dibuatkan program, keenam, tatanan sosial kehidupan masyarakat perlu terus dibangun. 

Upaya menciptakan keharmonisan antar warga, pada saat yang sama toleransi kehidupan sosial diantara umat beragama adalah landasan utama menciptakan daerah yang aman, kondusif dan menumbuhkan patriotisme yang bertumpu pada kearifan lokal. 

Mungkinkah AURAMA Pimpin Gowa 

Kalau saja hal yang disebutkan di atas sebagai masalah pokok 

yang segera mendapatkan penanganan  dan menjadi komitmen Amir Uskara bersama Irmawati Haeruddin, maka bukan hal mustahil jikalau mereka akan menjadi pilihan mayoritas masyarakat. Dengan ketulusan pada setiap kehadirannya di tengah masyarakat, menguraikan pokok pikiran dan gagasan, sangatlah memungkinkan Amir Uskara  menjadi pilihan terbaik bagi segenap warga Gowa. 

Amir Uskara mempunyai kecakapan dalam memahami apa yang seharusnya dia lakukan untuk Kabupaten  Gowa. Amir dan juga Irma, baginya jabatan bukan satu satunya buruan yang harus dicapai, namun jabatan yang diamanahkan  rakyat merupakan wadah untuk berbuat lebih banyak kepada rakyat. 

Itulah mengapa AURAMA' bersungguh sungguh berkomitmen bahwa kabupaten Gowa ini harus lebih baik, lebih sejahtera dan lebih sehat dalam perspektif kepemerintahan, yang muaranya  adalah terciptanya daerah yang menjadi rujukan bagi daerah lainnya di negeri tercinta ini, Indonesia.  

Penulis, Relawan AURAMA'