Bakti Sosial, Kapolres Barru Pimpin Pembangunan Delapan Lampu Jalan dan Perbaikan Jembatan Gantung Serta Perbaikan Jembatan di Desa Balusu.

News Update Barru

Edisi : Senin, 24 Juni 2024

Bakti Sosial, Kapolres Barru Pimpin Pembangunan Delapan Lampu Jalan  dan Perbaikan Jembatan Gantung Serta Perbaikan Jembatan di Desa Balusu. 

Barru (Sulawesi Selatan), dimensitivinews.com.

Memperingati Hari Bhayangkara tahun ini, Polres Barru melakukan bakti sosial di Dusun Padumpu Desa Balusu. Di dusun yang tidak terjangkau listrik PLN tersebut Kapolres AKBP Dodik Susianto S I K memimpin pembangunan 8 lampu jalan, perbaikan jembatan gantung, serta perbaikan jalan. Minggu, (23/06/2024).

Didampingi Ketua Bhayangkari Nyonya Ejhi Dodik Susianto, Wakapolres Kompol Akbar Usman S Sos M S i, Kapolsek Balusu Ipda Iqmal SH S E serta sejumlah pejabat utama Kapolres juga menyempatkan bersilaturahmi dengan warga.

Lahineng, seorang warga yang tinggal di dusun tersebut di hadapan Kapolres menyampaikan bahwa sampai saat ini kurang lebih 30 kepala keluarga tidak mendapat akses listrik PLN, sementara itu akses jalan juga masih butuh perhatian. 

“Sampai sekarang ini listrik belum masuk, masih banyak jalan perlu dibeton,” ujar pria yang tinggal di Padumpu sejak 1986 tersebut.

Sementara itu, Kapolres menjelaskan bahwa lampu jalan yang dibangun ini menggunakan tenaga surya. Semoga bisa membantu masyarakat ketika beraktivitas di luar rumah saat malam hari.

“Lampu jalan ini menggunakan solar panel, kita pasang di 8 titik. Jadi warga yang beraktivitas di luar saat malam bisa terbantu,” jelas Kapolres.

Selain itu, jembatan gantun yang menjadi pengubung satu satunya di dusun tersebut juga diperbaiki. Mengingat sungai di bawahnya kerap meluap dan tidak bisa diseberangi dengan berjalan kaki.

Manager Unit PLN Barru, Yandri Tanding yang juga hadir di lokasi kepada warga menyampaikan bahwa, pihaknya terkendala status hutan lindung di beberapa titik yang menghalangi pembangunan tiang untuk mengalirkan listrik sampai ke Padumpu.

“Status hutan lindung ini membutuhkan izin khusus dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan,” ungkap Yandri.

Kasi Humas Polres Barru Iptu Iriansyah kepada awak media menjelaskan bahwa Dusun Padumpu ini mendapat perhatian dari Kapolres. Sejak awal tahun Polres Barru telah membangun penampungan air bersih, memperbaiki dua ruas jalan penghubung.

“Melalui momen Hari Bhayangkara tahun ini, Kapolres melanjutkan perbaikan jalan tahap ketiga, membangun lampu jalan, serta memperbaiki jembatan gantung,” jelas Kasi Humas.

Liputan : Syahruddin Cokkas