Ticker

6/recent/ticker-posts

Sekdes Harus Berjiwa Akuntabel Dalam Kelola Administrasi Desa

Edisi Nomor : 061
Senin, 20 Desember 2021

Sekdes Harus Berjiwa Akuntabel Dalam Kelola Administrasi Desa














( Amri Daeng Ronrong, Sekretaris Desa Tarowang )

Takalar (Dimensi TV News.com)

Kemajuan Desa sangat tercermin dari bagaimana kemampuan Desa dalam mengelola APBDesanya. Peranan sentral Sekretaris Desa (Sekdes) sebagai administrator APBDesa, sangatlah penting. “Desa akan maju dan berkembang kalau Sekdes paham tugas, tanggung jawab dan fungsinya”

Amri yang akrab disapa daeng ronrong sebagai Sekretaris Desa Tarowang Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar saat di temui Dimensi TV News.com di kantornya mengatakan, Sekdes adalah pembantu Kepala Desa selaku pemegang kekuasaan pengelolaan keuangan desa.

“Beberapa persoalan pun akan muncul ketika Sekretaris desa tidak mampu menjalankan tugas sebagaimana mestinya, akibatnya Desa tidak akan maju dan berkembang, dan lebih dari itu, tentunya harapan besar dari masyarakat pun akan kandas”. Ujarnya

Lanjut Amri Dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan desa yang baik (good governance), Sekretaris desa mempunyai beban dan tugas membantu Kepala Desa di bidang administrasi dan memberikan pelayanan teknis administrasi kepada seluruh perangkat Pemerintah Desa dan masyarakat.

Seorang Sekretaris Desa dituntut untuk memiliki jiwa akuntabel yang berarti bertanggung jawab dalam mengelola administrasi Desa sesuai dengan amanah dan kepercayaan yang diberikan kepadanya.

Sosok Sekdes Tarowang sudah tidak asing lagi di kalangan warga masyarakatnya, seseorang yang mampu menjalankan fungsi administrator dengan penuh tanggung jawab, jujur, tidak melakukan penyimpangan dan penyalahgunaan kewenangannya, agar pemerintah Desa selalu dihormati dan dipercaya oleh Warga masyarakat.

Keberadaan Sekretaris Desa yang mampu dan memahami tugasnya akan mendukung terciptanya transparansi keuangan Desa, karena dengan transparansi keuangan Desa akan meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada Pemerintah Desa.”Ungkapnya

Di sisi lain ungkap Amri beban dan tanggung jawab Sekdes bukan hanya itu saja tapi harus bisa menghendel suatu permasalahan yang ada di Desa, untuk menciptakan suasana aman dan kondusif.

Tim Liputan

Arfah Adha Mansyur, S. Sos

Ichwan Ashari Muhiddin, SH

Mengabarkan Untuk

Dimensi TV News.com

Inspirasi Membangun Daerah